Skip to main content

ikuti kami di

Ikan hias adalah salah satu hewan peliharaan yang populer dan banyak dijumpai. Perawatannya relatif mudah dan tak membutuhkan ruang yang luas. Beberapa jenis ikan dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Lalu apa saja jenis ikan pembawa hoki ini?

Ikan Koi


Ikan koi menduduki posisi teratas dalam setiap saran yang diberikan oleh para ahli fengshui. Ikan yang awalnya berasal dari Jepang ini sudah lama dipelihara orang karena dipercaya membawa keberuntungan dan keindahan.

Bagi anda yang berniat memeliharanya dan berharap mendatangkan keberuntungan, ada syarat khusus yang harus dipenuhi. Yang pertama adalah jumlahnya. Ikan koi yang dipelihara harus berjumlah 9 ekor dimana 8 ekor berwarna dominan merah dan 1 ekor berwarna hitam.

Berikutnya adalah habitat ikan. Ikan koi harus dipelihara dalam kolam luar ruangan (outdoor) dimana harus ada 2 sisi, sisi pertama harus terkena cahaya matahari langsung dan sisi lainnya tidak terkena cahaya (teduh).

Ikan koi yang dipelihara juga harus berukuran cukup besar atau sudah masuk dalam fase dewasa. Ikan koi yang dipelihara dengan baik akan menjadi sangat jinak dan bisa mendatangkan hoki bagi pemiliknya.

Ikan Arwana


Ikan arwana kerap dianggap mendatangkan keberuntungan dan kerejekian. Dalam ilmu fengshui pun ikan arwana diyakini memiliki kekuatan besar. Ikan arwana biasanya melambangkan kemakmuran, kebahagiaan, dan kekayaan. Ikan ini tergolong agresif maka dalam 1 akuarium hanya boleh diisi 1 ekor saja.

Ikan arwana tergolong jenis ikan yang membutuhkan perawatan teratur dan pemeliharaan rutin mengingat ikan jenis ini cukup mudah terserang penyakit. Umumnya ikan arwana bisa ditempatkan di dalam rumah tanpa harus terkena sinar matahari secara langsung.

Untuk media pemeliharaannya bisa menggunakan akuarium biasa yang berukuran agak luas karena ikan arwana tergolong ikan yang cukup besar. Lokasi yang cocok untuk meletakkan ikan arwana berdasarkan fengshui adalah di sebelah utara, timur, atau tenggara.

Ikan Louhan


Ikan Lohan sempat populer pada awal tahun 2000-an. Ikan yang diyakini merupakan perlambang cinta dan keberuntungan ini bahkan pernah laku hingga milyaran rupiah per ekornya.

Ciri khas dari ikan lohan adalah "dahinya" yang jenong atau menonjol seolah keluar dari kepalanya. Konon semakin besar tonjolan dahinya, semakin mahal harganya. Begitupun dengan titik-titik atau bercak hitam di badannya, harganya semakin mahal jika kumpulan titik hitam itu bisa terbaca.

Dalam ilmu fengshui, ikan louhan sangat bagus diletakkan di sebelah tenggara dari sebuah rumah karena diyakini akan mendatangkan kekayaan. Jika diletakkan di sisi timur maka dapat mendatangkan kebahagiaan bagi seluruh keluarga.

Ikan louhan harus diletakkan dalam akuarium yang tinggi agar keelokan tubuhnya bisa dinikmati dari segala sisi. Perawatannya pun relatif mudah dan tidak memakan banyak biaya sehingga bisa dipraktekkan oleh siapa saja.

Ikan Maskoki


Ikan maskoki mudah dikenali dari fisiknya yang bulat layaknya gelembung. Cara berenangnya yang lucu karena solah sedang berdansa membuat ikan hias ini banyak diminati sebagai hewan peliharaan.

Ikan maskoki dipercaya sanggup mendatangkan energi positif ke dalam rumah. Ukurannya yang relatif kecil membuatnya sangat fleksibel ditempatkan di area sempit sekalipun.

Selain perawatan yang mudah, ikan maskoki sangat jinak sehingga bisa menjadi temas pelepas lelah. Dalam ilmu fengshui, memelihara ikan maskoki harus dengan jumlah 8 ekor. 7 ekor diantaranya berwarna merah dan 1 ekor berwarna hitam untuk membuang sial.

Anda juga bisa memelihara sepasang (2 ekor) ikan maskoki karena dianggap akan memberikan keseimbangan antara hubungan anda dengan pasangan. Berikan perhatian yang cukup maka ikan maskoki akan mendatangkan kebahagian bagi anda.

Kura-kura Air


Kura-kura memang bukan tergolong jenis ikan, tetapi masuk dalam jenis reptil. Tapi mengingat sifatnya yang baik maka kami memasukkannya ke dalam artikel ini. Kura-kura akuatik seperti kura-kura brazil, kura-kura ambon, kura leher panjang, bulus, dan lain sebagainya diyakini bisa mendatangkan umur yang panjang dan keabadian cinta.

Dalam berbagai mitologi, kura-kura diyakini sebagai kendaraan para dewa. Dalam fengshui, kura-kura melambangkan perlindungan dari roh jahat dan nasib buruk. Karena sifatnya ini maka kura-kura air bisa anda jadikan sebagai hewan peliharaan di rumah anda.

Mengingat kura-kura air adalah jenis omnivora (pemakan segala), sebaiknya tidak mencampur kura-kura dengan ikan dalam 1 akuarium. Kura-kura yang dipelihara pun harus 1 jenis, tidak boleh dicampur.

Berbeda dengan ikan yang hanya membutuhkan air, memelihara kura-kura air juga harus dilengkap dengan tempat berjemur seperti batu-batuan dan lampu penghangat. Usia kura-kura yang relatif panjang bisa membuat hewan ini menjadi sahabat sejati anda hingga akhir hayat.

Baca Juga Artikel :