Skip to main content

ikuti kami di

Rumah Pondok Indah memang sudah tidak setenar Rumah Hantu Darmo di Surabaya atau Rumah Kentang di Menteng. Hal ini tidak lain karena fisik bangunan itu sudah dibongkar sejak tahun 2008 lalu. Kini sudah tak ada lagi jejak yang tersisa dari bangunan angker itu selain hamparan tanah kosong yang tak terawat.

Meskipun kini sudah tak ada lagi, Rumah Hantu Pondok Indah dahulu sangat terkenal karena beragam kisah seram dan keangkerannya. Rumah hantu ini terletak di salah satu perumahan elit yakni Jl. Metro Pondok Indah No. 83, Jakarta Selatan.

Hilangnya Tukang Nasi Goreng


Rumah Hantu Pondok Indah menjadi terkenal karena terjadinya peristiwa yang pernah menggegerkan masyarakat Indonesia. Pada tahun 2002 lalu santer terdengar berita tentang hilangnya seorang tukang nasi goreng di depan rumah yang sudah lama kosong tersebut.

Konon pada malam itu, si penjual nasi goreng hendak mengantar pesanan dari seorang perempuan yang tinggal di dalam rumah tersebut. Tapi tukang nasi goreng tersebut tak pernah kembali lagi dan meninggalkan gerobak nasi goreng di luar dengan api yang masih menyala.

Sejak itu muncul berbagai macam cerita dan dugaan mengenai hilangnya tukang nasi goreng tersebut. Seorang satpam yang kebetulan sedang menjaga rumah di dekat rumah hantu itu mengaku melihat peristiwa ganjil pada Senin dini hari.

Kira-kira pada pukul 03.00 WIB, dia melihat tanah di rumah hantu itu terbelah dan melihat ular yang sangat besar sedang melilit tukang nasi goreng yang hilang itu dan membawanya masuk ke dalam tanah. Setelah itu tanah itu rapat seperti semula.

Sang satpam yang kaget segera mengecek ke lokasi tapi tak menemukan apa-apa. Keesokan harinya dia bercerita kepada sesama rekan kerjanya. Anehnya, hari Senin pagi itu juga beberapa pedagang nasi goreng di Jl. Bendi Tanah Kusir mencari-cari kerabatnya yang tidak kunjung pulang.

Mereka hanya mendapati gerobak nasi goreng dengan barang dagangan yang masih utuh. Gerobak tukang nasi goreng yang hilang itu kemudian diamankan rekan-rekannya ke kantor polisi.

Berawal dari Kasus Pembunuhan Keji


Cerita horor di Rumah hantu Pondok Indah bisa ditarik hingga tahun 1983. Saat itu rumah dengan No.83 itu disewakan kepada 7 orang warga negara asing yang merupakan sebuah keluarga, dengan anak-anak dan seorang pembantu.

Suatu ketika terjadi peristiwa perampokan dimana rumah mereka dibobol dan semua penghuninya tewas terbunuh. Konon motif perampokan dilatar-belakangi persaingan bisnis. Tapi hingga saat ini para pelaku perampokan belum pernah tertangkap.

Sejak itu sang pemilik rumah menjual atau menyewakannya kepada orang lain. Tapi siapapun yang menempatinya dibuat tidak betah karena terus-menerus dihantui oleh makhluk halus yang mengganggu.


Gangguan dari Penunggu Rumah Kosong


Beberapa orang pintar dan paranormal pernah didatangkan untuk mengusir para penunggu rumah itu tapi tak ada yang berhasil. Menurut informasi, ketujuh arwah WNA itu tidak mengganggu. Justru makhluk halus pendatang-lah yang membuat rumah tersebut menjadi sangat angker dan menyeramkan.

Seorang satpam yang bernamaSoeparto menceritakan kejadian aneh selama dia bekerja disana. Temannya yang sedang membonceng sang istri hendak pulang saat tengah malam. Saat melewati rumah hantu itu dan menengok ke belakang, istrinya tiba-tiba lenyap. Itupun diketahuinya setelah jalan cukup jauh. Temannya itu kembali ke lokasi dan mendapati istrinya sudah tidak sadarkan diri di depan pintu gerbang rumah itu.

Ada juga cerita saat sebuah mobil tiba-tiba mogok di dekat rumah kosong Pondok Indah. Pengendaranya keluar dari mobil untuk meminta bantuan, tiba-tiba di rumah itu keluar seseorang yang membantu memperbaiki dan mobil itupun hidup lagi. Keesokan harinya dia dapati rumah itu ternyata kosong melompong.

Masyarakat sekitar juga pernah mendapati peristiwa aneh. Jika ada orang yang duduk di depan rumah itu, maka akan terdengar suara-suara aneh. Ada yang melempar batu, tapi batunya tidak ada. Ada juga cerita tentang dua wanita yang tengah malam menyetop kendaraan. Tiba-tiba di dalam mobil sosok wanita itu hilang dan meninggalkan uang saja.


Tak Laku Terjual


Semua kisah misteri dan menyeramkan seputar rumah itu membuat harganya turun drastis. Di atas kertas, perkiraan harga tanah per meter di kawasan itu bisa mencapai milyaran rupiah, tapi oleh pemiliknya dijual hanya dengan harga 50 ribu per meter.

Beberapa orang pembeli banyak yang membatalkan transaksi begitu mengetahui masa lalu rumah tersebut. Sekalinya ada yang memang berniat membeli, seolah dipersulit karena tidak jelas surat-suratnya.

Kini Rumah Hantu Pondok Indah sudah tak ada lagi. Berbagai polemik yang pernah melabeli rumah itu sirna seiring bangunan tersebut dirobohkan. Meski sudah tak ada lagi dan hanya menyisakan tanah kosong, sampai sekarang tanah itupun belum laku terjual.

Baca Juga Artikel :