Skip to main content

Ayat 1000 Dinar sangat terkenal sebagai amalan doa agar cepat kaya. Doa ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tapi sudah terkenal ke seluruh dunia karena banyak yang sudah memberikan testimoni amalan ayat 1000 dinar. Dan kali ini kami akan membahas tentang keistimewaan Ayat Seribu Dinar ini.

Banyak orang bahkan menyebut doa dan amalan ayat seribu dinar sebagai sarana pesugihan putih atau pesugihan Islami tanpa tumbal. Bahkan ada yang membuat pengijazahan "Amalan Kekayaan dan Pasugihan Islam" dengan mahar yang tinggi. Tak ayal, banyak sekali kisah nyata Ayat Seribu Dinar yang bisa kita peroleh.

Padahal sebenarnya doa ini sama saja dengan doa yang lainnya. Berupa harapan dan keinginan agar semua hajatnya diijabah oleh Allah SWT. Oleh karena itu, amalan ayat seribu dinar boleh dibaca dan diamalkan siapa saja.

Ayat Seribu Dinar Latin dan Artinya


Apa itu Ayat Seribu Dinar? Ayat 1000 Dinar yang konon dapat membuat pengamalnya diberikan kekayaan dan kejayaan ini sebenarnya adalah Al Qur'an surat At Thalaq yakni ayat ke 2 dan ke 3.

Berikut adalah bunyi Ayat Seribu Dinar :

وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجۡعَل لَّهُۥ مَخۡرَجً۬اوَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُ‌ۚ وَمَن يَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسۡبُهُۥۤ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَـٰلِغُ أَمۡرِهِۦ‌ۚ قَدۡ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىۡءٍ۬ قَدۡرً۬ا

Sedangkan untuk bacaan ayat seribu dinar latin ialah sebagai berikut :

wa may yattaqillaha yaj'al lahi makhraja. wa yarzuq-hu min haisu la yahtasib, wa may yatawakkal 'alallahi fa huwa hasbuh, innallaha baligu amrih, qad ja'alallahu likulli syai'ing qadra.

Arti dan terjemahan Ayat Seribu Dinar :

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar yang Benar


Karena tulisan ayat seribu dinar bersumber dari Al Qur'an inilah banyak orang yakin dan percaya tidak ada efek samping negatif apapun jika mengamalkan doa 1000 dinar ini.

Untuk cara mengamalkannya sendiri, para ahli hikmah berbeda pendapat. Ada yang cukup dengan membacanya dengan bilangan tertentu setiap selesai shalat fardlu, ada yang harus disertai dengan puasa sunnah, ada pula yang harus dilakukan dengan melakukan shalat hajat terlebih dahulu.

Tapi anda tidak perlu khawatir, anda bisa mengikuti cara mengamalkan Ayat 1000 Dinar yang benar berikut ini :
  1. Carilah hari weton anda, gunakan fitur Primbon di situs ini.
  2. Lakukan shalat hajat khusus ayat 1000 dinar pada malam hari.
  3. Sebelum shalat diniatkan untuk mengamalkan Ayat 1000 Dinar.
  4. Selesai shalat, bacalah Ayat 1000 Dinar di atas dengan jumlah bilangan antara 7x, 11x, 40x, 99x, dan 1.000x sesuai keikhlasan dan niat anda.
  5. Selanjutnya Ayat Seribu Dinar bisa dibaca kapan saja terutama setiap selesai shalat dengan jumlah bilangan yang sama.

Keutamaan Ayat Seribu Dinar


Adapun untuk manfaat, khasiat, atau kegunaan dari Ayat 1000 Dinar ini antara lain :
  • Memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka .
  • Memudahkan segala urusannya, baik yang dhohir maupun yang bathin.
  • Menghapus kesalahan dan membesarkan pahala untuknya.
  • Diberikan jalan keluar bagi hamba-Nya yang bertaqwa.
  • Diberikan pertolongan dan memudahkan urusannya.
  • Dikabulkan hajat dan keperluannya.

Melihat segala keutamaan dari membaca dan mengamalkan Ayat 1000 Dinar di atas tentu tidak akan membuat anda berpikir dua kali untuk langsung mengamalkannya.

Sejarah Ayat Seribu Dinar


Jika kita meneliti mengenai sejarah Ayat 1000 Dinar, ada beberapa riwayat yang menyebutkan tentang asbabun nuzul (sebab-sebab turunnya ayat) Ayat Seribu Dinar ini. Berikut adalah yang beberapa yang bisa kami tuliskan di sini.

Dalam suatu riwayat disebutkan bahwa Ayat Seribu Dinar ini turun berkenaan dengan seorang suku Asyja' yang fakir, cekatan, dan banyak anak. Ia menghadap Rasulullah SAW dan meminta bantuan beliau tentang anaknya yang ditawan oleh musuh dan penderitaan hidupnya. Rasulullah SAW kemudian bersabda, "Bertakwalah kepada Allah dan bersabarlah". Tak lama kemudian datanglah anaknya yang ditawan itu sambil membawa seekor kambing. Hal ini segera dilaporkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW kemudian bersabda, "Makanlah kambing itu". - HR Al Hakim dan Jabir.

Dari keterangan asbabun nuzul hadits di atas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa kunci dari pengamalan ayat seribu dinar ini adalah "taqwa" itu sendiri. Tentang hal ini Rasulullah SAW pernah menjelaskan sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dzarrin ra.

Ia berkata, "Ketika Rasulullah SAW membaca At-Thalaq ayat 2-3 maka beliau terus mengulanginya sampai beliau mengantuk, lalu bersabda: Wahai Abu Dzarrin, seandainya semua manusia mengambilnya (mengamalkan ayat tersebut), maka sungguh ia akan mencukupkan mereka." - HR Ahmad, Nasa'i, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Ibnu Mardawaih dan Baihaqi.

Kemudian Nabi SAW juga menerangkan sebagaimana diriwayatkan oleh Mu'adz bin Jabal ra. Bahwa Rasulullah SAW. bersabda, "Wahai manusia, jadikan taqwa kepada Allah sebagai dagangan kalian! Niscaya rezeki akan mendatangi kalian dengan tanpa barang dagangan dan perdagangan." Kemudian Rasulullah SAW membaca QS At-Thalaq ayat 2-3. - HR Thabrani, Ibnu Mardawaih, Abu Na'im dan Daelami.

Dari dua keterangan hadits di atas dapat disimpulkan bahwa keistimewaan Ayat Seribu Dinar terletak pada isi kandungan ayat tersebut. Yakni bertaqwa kepada Allah, bukan kepada pengamalan dan pembacaan ayat-ayatnya secara tersurat. Dengan kata lain, kita akan mendapatkan rezeki dan kemudahan dalam setiap urusan yang tidak disangka-sangka dari Allah jika kita mengamalkan ayat ini dan bertaqwa kepada-Nya.

Ada pula keterangan yang menyebutkan keutamaan membaca Ayat Seribu Dinar ini: Sahabat Ibnu Abbas ra. pernah berkata, "Siapa yang membaca ayat-ayat ini di hadapan penguasa penguasa yang dzalim, atau ketika terjadi ombak yang ia takut tenggelam, atau ketika berhadapan dengan binatang buas, maka hal itu tidak akan membahayakannya sedikitpun". - Disebutkan As-Suyuthi dalam Kitab Durrul Mantsur.

Download Ayat Seribu Dinar MP3


Demikianlah penjelasan kami di atas mengenai Ayat Seribu Dinar yang memiliki banyak manfaat utamanya dalam urusan kerejekian dan ekonomi. Apabila anda hendak mengunduh (download) Ayat 1000 Dinar mp3 bisa dengan klik tautan di bawah ini :


Baca Juga Artikel :