Skip to main content
Doa Nurbuat atau yang disebut juga doa Nurun Nubuwwah ini adalah doa yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW oleh Malaikat Jibril. Doa Nurbuat memiliki banyak keutamaan dan manfaat bila dibaca dan diamalkan. Kali ini kami akan membahas mengenai khodam doa nurbuat

Doa Nurbuat diturunkan kepada Rasulullah SAW pada suatu pagi ketika Nabi Muhammad sedang duduk bersama para sahabat selepas shalat Subuh. Apakah doa nurbuat boleh diamalkan? Tentu saja boleh, malah sangat disarankan karena doa Nurbuat dikenal memiliki manfaat untuk perlindungan atau proteksi.

Bahkan jika tidak dapat membaca atau tidak hafal maka bisa ditulis. Apabila doa ini dibuat menjadi jimat Nurbuat lalu disimpan dalam rumah maka Allah akan senantiasa memberikan perlindungan kepada penghuni rumah itu.

Doa Nurbuat Asli dan Artinya


Berikut adalah bacaan Doa Nurbuat atau Doa Nubuwwah yang benar :


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ عَيْنِ الْقُدْرَةِ وَالنَّاظِرِيْنَ وَعَيْنِ الْجِنِّ الْاِنْسِ وَالشَّيَاطِيْنِ
وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنٌ وَمَاهُوَ اِلاَّذِكْرٌ لِّلْعَالَمِيْنَ وَمُسْتَجَابُ اْلقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُوالْعَرْشِ الْمَجِيْدِ
طَوِّلْ عُمْرِيْ وَصَحِّحْ جَسَدِيْ وَاقْضِ حَاجَتِيْ وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ وَحَبِّبْنِيْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ اٰدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَى الْكَافِرِيْنَ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْ

Bacaan doa Nurbuat latin :

Allaahumma dzis-sultaanil-'aziimi wa dzil-mannil-qadiimi wa dzil-wajhil-kariimi wa waliyyil-kalimaatit-taammati wadda'awaatil-mustajaabaati 'aaqilil-hasani wal-husaini min anfusil-haqqi 'ainil-qudrati wan-naaziriina wa 'ainil-jinni wal-insi wasy-syayaatiin,

Wa iy yakaadulladziina kafaruu layuzliquunaka bi absaarihim lammaa samii'udz-dzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnuunuw wa maa huwa illaa dzikrul lil-'aalamiin, wa mustajaabil-qur'aanil-'aziim, wa waritsa sulaimaanu daawuuda 'alaihimas-salaam, al-wuduud, dzul-'arsyil-majiid. Tawwil 'umrii wa shahhih jasadii waqdii haajatii wa aktsir amwaalii wa aulaadii wa habbibnii lin-naasi ajma 'iina wa tabaa 'adil-'adaawata kullahaa mim banii aadama 'alaihissalaamu man kaana hayyaw wa yahiqqal-qaulu 'alal-kaafiriina innaka 'alaa kulli syai'in qadiir.


Subhaana rabbika rabbil-'izzati 'ammaa yasifuuna wa salaamun 'alal-mursaliina wal-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin.


Arti atau terjemahan Doa Nurbuat adalah sebagai berikut :

Ya Allah yang Maha Kuat, yang memiliki anugerah, yang merupakan zat yang Maha Mulia, yang menguasia banyak kalimat sempurna dan doa yang mustajab, penjamin Al Hasan dan Al Husain dari jiwa yang hak, pandangan yang penuh kuasa, serta orang-orang yang melihat dari pandangan para jin, manusia dan juga setan.

Sesungguhnya orang yang kafir itu adalah orang yang menjerumuskan kamu dengan pandangan dari mereka, ketika mendengar Al Qur'an dan mereka pun berkata, Sesungguhnya Muhammad adalah orang yang gila. Al Qur'an hanyalah peringatan untuk setiap umat. Wahai yang Dia yang memperkenankan melalui Al Qur'an yang sangat agung. Sulaiman dan juga Daud dan Dia yang Maha Pengasih, sebagai Pemilik Arasy yang Mulia.

Maka panjangkanlah umurku, sehatkanlah tubuhku, tunaikanlah segala yang kuperlukan, dan perbanyaklah harta dan anakku, jandikanlah aku orang yang terhindar dari segala permusuhan dari anak-anak adam yang masih hidup. Pastikan ketetapan atau azab untuk orang-orang yang kafir. Karena sesungguhnya Engkau adalah yang Maha Kuasa akan segala sesuatu.

Maha suci Tuhanmu, yaitu Maha yang memiliki kebesaran, dari apapun yang (mereka) gambarkan yaitu orang-orang kafir, dan melimpahlah kesejahteraan pada para Rasul, dan segala puji Bagi Allah pemilik Alam Semesta.

Khodam Doa Nurbuat


Doa nurbuat dianggap sebagai doa yang memiliki banyak manfaat. Sudah banyak orang yang merasakan kehebatan doa nurbuat. Syarat utama dalam mengamalkan doa Nurbuat adalah memiliki sikap yang ikhlas.

Doa nurbuat ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan atau hajat apa saja. Untuk khodam doa nurbuat ini harus dilakukan dengan membaca doa nurbuat terlebih dahulu. Bacakan doa Nurbuat sebanyak 7x kemudian sebutkan keinginan anda di dalam hati kepada Allah SWT.

Untuk cara wirid doa nurbuat adalah didahului dengan tawasul doa nurbuat sebagaimana berikut ini :

  1. Membaca : Ilaa hadratin nabiyyil mustafaa shalallahu 'alaihi wassalam, lalu surat Al Fatihah 1x.
  2. Membaca : Tsumma ilaa hadraati ikhwaanihii minal ambiyaa'i wal mursaliin wal auliyaa'i wasy syuhadaa'i wash shaalihiina wash shahaabti wattaabi'iina wal ulamaa'i 'aamiliina wal mushannifiinal mukhlishiina wa jamii'il malaaikatil muqarrabiina, dan membaca Al Fatihah lagi 1x.
  3. Membaca : Ila khususon Syaikh Majdudin Al-Karmani yang termasuk nama khodam nurbuat, lalu membaca Al Fatihah lagi 1x.
  4. Membaca : Ila khususon Syaikh Abdul Qadir Jailany, Syaikh Qori, Syaikh Madi, Syaikh Somandari, Syaikh Ahmad Al Falatil Bauni, kemudian membaca Al Fatihah 1x.
  5. Membaca surat Al Ikhlas sebanyak 3x.
  6. Membaca surat Al Falaq 1x.
  7. Membaca surat An Nash sebanyak 1x.
  8. Membaca sholawat nabi sebanyak 21x.
  9. Terakhir membaca Doa Nurbuat di atas sebanyak 7x.

Khasiat dan Wasilah Doa Nurbuat


Jika kita memperhatikan arti atau terjemah Doa Nurbuat di atas maka kita bisa mengetahui segala manfaat dan khasiatnya. Berikut adalah khasiat dan fadhilah doa nurbuwat atau Nurun Nubuwwah ini :
  • Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang ingin berjumpa dengan para nabi, bacakan 100x doa ini kemudian tidur, insya-Allah akan bermimpi berjumpa dengan para nabi. Dan siapa yang rajin mengamalkan doa ini, maka orang yang memandangnya akan timbul kasih dan sayang. Jika kamu ingin di muliakan orang lain, bacalah doa ini."

  • Jika dibaca pada malam hari, seluruh malaikat akan turun dari langit memohonkan ampun untuk orang yang membacanya. Doa Nurbuat ini akan menjadi penyelamat siksa neraka, selamat dunia akhirat, dan terhindar dari godaan setan.

  • Kepada orang yang ingin banyak kekayaan, doa ini dibaca 100x pada malam Jum'at. Tanamkan kunyit dalam tanah di suatu tempat yang tersembunyi dan sepi yang Anda sendiri yang mengetahuinya.

  • Misalnya, seorang awam ingin menjadi waskita dalam agama bahkan yang ingin menjadi wali Allah. Dengan membaca doa ini insya Allah maka akan mendapatkannya. Jika ada jin yang ingin menjadi manusia, dengan doa ini maka jadilah ia manusia.

  • Jika ada binatang yang liar, dengan membacakan padanya insya Allah binatang itu akan menjadi jinak dan penurut sifatnya. Jika dibacakan pada binatang buas insya Allah ia akan tunduk.

  • Barang siapa membaca Doa Nurbuat satu kali ketika matahari hampir terbenam, Allah akan mengampuni segala dosanya dan melindunginya dari tenung dan sihir.

  • Jika anda memiliki musuh maka bacakan doa Nurbuat, insya Allah musuh akan berubah menjadi teman yang menyayangi anda. Jika akan berangkat ke medan perang bacakan doa Nurbuat, insya Allah mendapatkan kemenangan dan tidak dikejar musuh, sebaliknya musuh akan tercerai-berai.

  • Jika ada orang yang diganggu hantu, jin, atau kerasukan makhluk halus, bacakan doa Nurbuat pada minyak kemudian sapukan pada orang tersebut. Insya Allah ia akan segera sadar dan siuman.

  • Apabila doa Nurbuat dituliskan pada kertas atau kain lalu diletakkan pada tempat-tempat yang angker atau dihuni makhluk halus, maka dalam waktu singkat mereka akan segera pergi dan tidak kembali lagi.

  • Jika anda ingin mendatangkan raja jin, maka bacalah doa Nurbuat sebanyak 100x di tempat yang sepi pada malam Jum'at. Insya Allah anda akan dijumpai oleh si raja jin itu.

  • Jika doa Nurun Nubuwwah ini ditulis pada kertas lalu tulisan tersebut di letakkan pada tanaman, insya Allah tanaman tersebut akan dijauhkan dari hama dan penyakit tanaman. 

  • Untuk menyembuhkan orang sakit, bacakan doa Nurbuat pada minyak angin atau minyak gosok kemudian sapukan pada tempat yang sakit. Insya Allah akan segera sembuh.

  • Jika ada wanita yang kesulitan bersalin, bacakan doa Nurbuat pada segelas air putih kemudian minumkan, insya Allah bayinya akan cepat lahir.

  • Jika ada orang sakit mata, bacakan doa Nurbuat lalu hembuskan pada matanya, insya Allah lekas sembuh.

  • Apabila ada orang digigit ular atau hewan berbisa, bacakan doa Nurbuat pada tempat yang luka kemudian hisap racunnya keluar, insya Allah lekas sembuh.

  • Bacalah Doa Nurbuat jika anda ingin mendekati pejabat, atasan, atau orang berkedudukan tinggi, insya Allah semua keperluan anda akan tercapai.

  • Jika ingin kuat berjalan, bacakan doa Nurbuat pada selembar daun sirih kemudian usapkan daun itu dari kepala sampai ke ujung kaki. Insya Allah anda akan kuat berjalan.

  • Jika anda dalam perjalanan dan ada tanda akan hujan, bacalah doa Nurbuat ini maka insya Allah tidak jadi hujan.

  • Jika anda hendak melamar seseorang wanita, berpuasalah sehari dan jangan tidur pada malamnya. Bacakan doa ini terus-menerus di tempat sunyi. Insya Allah lamaran anda diterima.

  • Bilamana anda berlayar atau naik perahu kemudian anda kehabisan air minum, maka bacalah doa ini pada air laut, maka atas izin Allah air laut yang asin dapat menjadi tawar dan bisa diminum.

  • Bilamana anda membaca doa Nurbuat pada malam Jum'at sebanyak 50x, insya Allah akan terhindar dari kekufuran, bid'ah, dan dijauhkan dari perbuatan buruk.

  • Bila dibacakan 100x pada malam Sabtu, anda akan diperlihatkan keajaiban. Apabila dibaca pada malam minggu, insya Allah akan awet muda. Apabila dibaca pada malam Senin, Allah akan memberikan keselamatan. Bila dibaca pada malam Selasa, akan menjadi kuat. Kalau dibaca pada malam Rabu, gigi menjadi kuat. Apabila dibaca pada malam Kamis akan mempercantik wajah.

Demikianlah beberapa fadhilah dari Doa Nurun Nubuwwah atau Doa Nurbuat jika diamalkan dengan penuh keikhlasan. Masih ada banyak lagi khasiat yang tidak mungkin satu per satu kami tulis di sini.

Baca Juga Artikel :