Manfaat Surat Al Kautsar

Fadhilah, Khasiat, dan Manfaat Surat Al Kautsar

Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan kami akan memperbanyak tulisan seputar agama Islam. Dan kali ini kami akan membahas mengenai rahasia dan kelebihan Surat Al-Kautsar. Termasuk di dalamnya ialah segala manfaat surat Al Kautsar yang bisa anda dapatkan dari membaca surat ini.

Surah al-Kautsar sering menjadi surat pilihan paling banyak dibaca dalam shalat. Sebabnya adalah surat ini menjadi surat yang paling pendek, hanya berisi 3 ayat saja.

Surat al-Kautsar diturunkan di kota Mekkah. Kata al Kautsar berarti sungai di surga. Sungai ini terbuat dari batu permata yang sangat indah dan cantik. Rasa airnya lebih manis dari madu, warnanya lebih putih dari susu, dan wanginya lebih harum dari minyak kasturi.

Dalam berbagai kitab tafsir, surat Al Kautsar dianggap sebagai surat penghibur hati bagi baginda Nabi Muhammad SAW. Surat ini diturunkan tatkala beliau bersedih atas kematian putranya, Ibrahim, dan pamannya, Abu Thalib.

Bacaan Surat Al Kautsar Arab, Latin, dan Terjemahan

Berikut adalah bacaan surat Al-Kautsar Arab :

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
إِنَّآ أَعۡطَيۡنَـٰكَ ٱلۡكَوۡثَرَ (١) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنۡحَرۡ (٢) إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ ٱلۡأَبۡتَرُ (٣)

Bacaan Surat Al Kautsar Latin :

bismillahir-rahmanir-rahim
inna a’tainakal-kausar. fa salli lirabbika wan-har. inna syani’aka huwal-abtar.

Arti surat Al Kautsar ayat 1-3 :

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

 

Fadhilah dan Manfaat Surat Al Kautsar

Dalam berbagai kitab tafsir mengenai surat Al Kautsar, disebutkan bahwasanya surat ini memiliki banyak khasiat, kelebihan, dan manfaat jika dibaca dan diamalkan. Adapun untuk khasiat dan manfaat surat Al Kautsar antara lain :

  • Jika kita kehausan dan tidak ada air, bacalah surah Al Kautsar, tiupkan ke telapak tangan, lalu dan usapkan ke leher. Insya Allah rasa haus sedikit banyak berkurang.
  • Jika mengalami sakit mata seperti mata berair, gatal, atau bengkak, ambil air mawar kemudian bacakan surat Al Kautsar sebanyak 10x. Airnya kemudian sapukan ke kedua mata insya Allah lekas diberikan kesembuhan.
  • Pada rumah yang dikirim ilmu hitam seperti santet, teluh, tenung, dan guna-guna, bacalah surat Al Kautsar sebanyak 10x. Maka kita akan diberikan petunjuk dimana letak media ilmu hitam dipasang.
  • Bacalah surat Al Kautsar sebanyak 1000x maka atas izin Allah rezeki kita akan bertambah.
  • Dengan membaca surat Al Kautsar dalam shalat maka akan membuat shalat terasa lebih khusyuk, lebih tenang, dan tidak terkena godaan setan.
  • Bacalah surat Al Kautsar sebanyak 71x saat merasa terdzalimi, maka Allah SWT akan memberikan bantuan yang tak disangka-sangka darimana datangnya.

Demikianlah beberapa Manfaat Surat Al Kautsar yang bisa kita peroleh jika kita rajin membaca dan mengamalkannya. Cara paling mudah adalah dengan menyelipkan surat Al Kautsar dalam shalat. Insya Allah kita akan diberikan wasilah seperti yang sudah disebutkan di atas. Amin Ya Rabb.

Daftar produk kami silahkan klik di sini