Skip to main content
Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan rahmat. Menghadapi bulan Ramadhan tentu harus diiringi dengan niat yang baik dan tekad kuat. Oleh karena itu, inilah niat puasa Ramadhan yang benar.

Niat adalah salah satu rukun puasa Ramadhan yang wajib dilakukan. Tanpa adanya niat maka puasa Ramadhan menjadi tidak sah. Para ulama telah mengemukakan bahwasanya dalam mensyaratkan niat tersebut harus dilakukan sebelum fajar muncul.

Niat dilakukan dalam hati, tapi untuk menuntun hati maka lisan boleh mengucapkan bacaan niat puasa tersebut. Niat harus dibaca dengan penuh keikhlasan, semata-mata mengharap ridho Allah SWT.

Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan


Adapun untuk bacaan Niat Puasa di bulan Ramadhan ini adalah sebagai berikut :

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ

Bacaan Niat Puasa Ramadhan dalam bahasa Latin :

nawaitu shouma ghodin 'an adaa'i dardli syahri romadhoona haadzihis sanati lillaahi ta'aalaa

Sedangkan arti atau terjemah bacaan niat Puasa Ramadhan adalah :

Saya niat puasa esok untuk menunaikan kewajiban berpuasa pada bulan ramadhan tahun ini, semata-mata karena Allah Ta'aalaa

Demikianlah bacaan niat puasa yang harus anda hafalkan. Sehingga saat menjelang awal puasa esok anda sudah benar-benar siap baik secara batin maupun lahiriah. Dengan membaca niat secara khusyuk maka insya Allah puasa anda menjadi sah dan sempurna. Wallahu 'alam bis shawab.

Baca Juga Artikel :