Skip to main content
Surat Al-Waqi'ah sangat terkenal sebagai sebuah surat dalam Al Qur'an yang mempunyai manfaat, keutamaan, dan fadhilah untuk mendatangkan rezeki atau kekayaan. Oleh karena itu surat ini lebih dikenal sebagai Surat Waqiah Pembuka Rezeki.

Surah Al-Waqi'ah adalah sebuah surat dalam Al Qur'an yakni surah ke 56. Surat Al Waqi'ah termasuk dalam juz 27 dan terdiri dari 96 ayat. Dinamakan Al-Waqi'ah karena diambil dari lafadz pertama surat ini yang artinya kiamat.

Surat Al-Waqi'ah menjelaskan tentang hari kiamat serta balasan-balasan yang diterima oleh orang-orang mukmin dan orang-orang kafir. Diterangkan juga mengenai awal penciptaan manusia, tumbuhan, dan api sebagai bukti kuasa Allah dan adanya hari kebangkitan kelak.

Hadis Nabi Tentang Surat Al Waqi'ah


Dalam Sebuah hadits riwayat Abu Ya'la dan Ibnu Asakir, dari Abdullah bin Mas'ud r.a., Rasulullah SAW bersabda:

عن عبد اللّه بن مسعود رضي اللّه عنه أن رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم قال: «مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةً أَبَدًا» أخرج الحافظ أبو يعلى وابن عساكر


"Barang siapa yang membaca surah Al-Waqiah setiap malam, maka ia tidak akan ditimpa kefakiran/kemelaratan selamanya."

Kemudian Nabi Muhammad SAW pun pernah menyebut bahwa surat Al-Waqi'ah adalah doa untuk mendatangkan kekayaan seperti dalam hadits riwayat Ibnu Mardawaih berikut ini :

عن أنس عن رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم قال: «سُوْرَةُ الْوَاقِعَةِ سُوْرَةُ الْغِنَى فَاقْرَؤُوْهَا وَعَلِّمُوْهَا أَوْلَادَكُمْ» أخرج ابن مردويه


"Surah Al-Waqiah adalah surah kekayaan, maka bacalah, dan ajarkan kepada anak-anak kalian."

Ada lagi Sabda Rasulullah SAW mengenai surat kekayaan ini yang diriwayatkan oleh Ad-Dailaimi :

عن أنس عن رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم قال «عَلِّمُوْا نِسَاءَكُمْ سُوْرَةَ الْوَاقِعَةِ فَإِنَّهَا سُوْرَةُ الْغِنَى». أخرج الديلمي


"Ajarkanlah wanita-wanita kalian surah Al-Waqiah, karena sesungguhnya ia adalah surah kekayaan."

Dari beberapa hadits di atas sudah dapat kita simpulkan bahwasanya Rasulullah SAW meminta kita untuk membaca surat Al Waqi'ah untuk mencapai segala hajat duniawi sekaligus mengajarkannya kepada anak-anak kita.

Menurut fatwa beberapa Ulama, "Barang siapa membaca surah Al-Waqi'ah setiap malam dalam satu majelis sebanyak 40x, maka selama 40 hari Allah akan memudahkan rezekinya tanpa kesukaran dan terus mengalir dari segala penjuru."

Keutamaan Surat Al Waqi'ah


Adapun khasiat surat Al Waqi'ah antara lain sebagai berikut :
  • Jika membaca surat Al Waqi'ah setiap malam 1x maka akan dijauhkan dari kemiskinan.

  • Jika dibaca sebanyak 14x setiap selesai shalat Ashar maka akan mendapatkan kekayaan yang melimpah.

  • Jika dibaca sebanyak 41x dalam satu majelis maka akan ditunaikan segala hajatnya.

  • Bacalah surat Al Waqi'ah sebanyak 3x setelah selesai shalat Subuh dan 3x setelah shalat Isya maka dalam satu tahun akan dilimpahkan rezeki dan menjadi orang yagn dermawan.

  • Adapun amalan dari orang-orang sufi agar dilimpahkan rezeki maka berpuasalah selama 7 hari sejak hari Jum'at. Kemudian setiap selesai shalat 5 waktu membaca Surah Al-Waqi'ah sebanyak 25x. Di hari ke 7, surat Al Waqi'ah dibaca 25x setelah shalat Maghrib dan 125x setelah Isya diikuti dengan shalawat 1000x. Lalu tunaikanlah sedekah maka apa yang anda inginkan akan lekas terkabul.

  • Jika surah Al-Waqiah jika dibaca di samping orang yang sedang skaratul maut insya Allah akan dipermudah dan dipercepat jalannya. Jika dibacakan pada orang yang sakit maka akan diringankan sakitnya. Jika ditulis tangan lalu dipakaikan pada orang yang hendak bersalin, insya Allah segera melahirkan dengan mudah.

Sedangkan menurut As Syaikh Abu Abbas Al Mursi, untuk mendapatkan fadhilah Surat Al-Waqiah dengan cara berpuasa dahulu selama 7 hari yang dimulai pada hari Jum'at. Menu berbuka harus dengan segala sesuatu yang tidak bernyawa (bukan protein hewani). Yakni tidak makan ikan, susu, telur, atau daging. Hanya makan sayur-sayuran saja.

Selama berpuasa, setiap selesai shalat fardlu membaca surah Al-Waqi'ah sebanyak 25x. Pada malam Jum'at terakhir hendaknya membaca surah Al-Waqi'ah sebanyak 125x kemudian dilanjutkan shalawat sebanyak 1000 kali.

Demikianlah fadhilah Surat Al Waqi'ah sebagai pembuka rezeki. Silahkan diamalkan untuk memohon rejeki kepada Allah. Meski demikian, hendaknya apa yang dilakukan harus disertai keikhlasan dan keyakinan. Jangan hanya mengejar hitungan wirid atau fadhilahnya belaka. Semoga apa yang anda hajatkan lekas terkabul. Amin Ya Rabb.

Download Surah Al Waqiah Full


Adapun bagi anda yang sedang mencari surat al waqiah mp3 atau ingin download surat al waqiah dan terjemahannya dalam bentuk latin (PDF) bisa klik link atau tautan di bawah ini :


Baca Juga Artikel :