Amalan dan Doa Menghadapi Ujian Nasional

Doa Menghadapi Ujian Nasional

Amalan dan Doa Menghadapi Ujian Nasional – Ujian nasional mungkin masih menjadi momok bagi sebagian besar pelajar di Indonesia. Ketidak-merataan kualitas pendidikan disinyalir menjadi salah satu faktor kenapa pendidikan di negeri ini timpang dan berkualitas rendah.

Setidaknya sampai saat ini, peran ujian nasional atau yang dulunya pernah disebut sebagai Ebtanas dan UAN ini masih sangat penting untuk menetukan kelayakan seorang pelajar untuk lulus dari sekolah atau tidak.

Mengingat perannya yang begitu penting, rasanya seolah anda bertahun-tahun belajar tapi hanya ditentukan oleh satu ujian saja. Ya, ujian nasional. Tidak salah jika kemudian banyak pelajar menganggap ujian nasional sebagai momok.

Apalagi dalam kualitas soal-soal yang diberikan berbasis nasional yang mengacu pada sekolah-sekolah standar di kota besar. Tentu saja bagi murid-murid di daerah akan sangat kesulitan untuk mengerjakannya.

Sudah lazim tak hanya para murid dan pelajar saja yang merasa khawatir. Bahkan para orang tua pun juga demikian. Mereka khawatir anaknya kesulitan dalam menjawab soal-soal ujian dan akhirnya gagal dalam ujian nasional.

Akhirnya banyak anak yang ikut serta dalam berbagai lembaga bimbingan belajar, tempat les, dan kursus mata pelajaran. Semuanya tidak lain adalah ikhtiar agar si anak bisa melewati ujian dengan hasil yang baik.

Menyadari peran penting ujian nasional dalam kehidupan seseorang kelak, kami akan membagikan sebuah doa agar bisa mengerjakan soal ujian dengan benar. Amalan ini sangat mudah dikerjakan dan tidak menyita banyak waktu. Anda bisa melakukannya setiap selesai shalat Subuh.

Bagi orang tua, anda bisa mengajarkan anak anda Doa Menghadapi Ujian Nasional ini. Doa ini sangat pendek dan bisa dibaca sebagai doa sebelum belajar baik di rumah maupun di sekolah.

Amalan dan Doa Menghadapi Ujian Nasional

Berikut adalah amalan dan doa untuk anak menghadapi ujian sekolah. Lakukan membaca amalan ini setiap selesai shalat subuh setidaknya 40 hari sebelum ujian nasional dimulai. Lakukan dengan penuh keikhlasan dan tawakal.

    1. Membaca surah Al-Fatihah sebanyak 1x :
      أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
      بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ (١)
      ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَـٰلَمِينَ (٢) ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ (٣) مَـٰلِكِ يَوۡمِ ٱلدِّينِ (٤) إِيَّاكَ نَعۡبُدُ وَإِيَّاكَ نَسۡتَعِينُ (٥) ٱهۡدِنَا ٱلصِّرَٲطَ ٱلۡمُسۡتَقِيمَ (٦) صِرَٲطَ ٱلَّذِينَ أَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ غَيۡرِ ٱلۡمَغۡضُوبِ عَلَيۡهِمۡ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ (٧)
      A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim
      bismillaahir-rahmaanir-rahiim
      al-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin. ar-rahmaanir-rahiim. maaliki yaumid-diin. iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin. ihdinas-siraatal-mustaqiim. siraatalladziina an’amta ‘alaihim gairil-magdubi ‘alaihim wa lad-daalliin.

 

    1. Membaca Shalawat Nabi 1x

 

    1. Membaca Doa Menghadapi Ujian Nasional 1x :
      رَبِّ اشْرَحْ لِىْ صَدْرِىْ وَيَسِّرْلِىْ اَمْرِىْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِىْ يَفْقَهُوْاقَوْلِى

       

      Robbisy Rohlii Shodrii, Wa Yassir Lii Amrii, Wahlul ‘Uqdatam Mil Lisaanii, Yafqohuu Qoulii

 

    1. Berdzikir Yaa Fattahuu Yaa ‘aliim (dibaca 3x tanpa nafas)

 

  1. Berdzikir Haa Miim (dibaca 7x tanpa nafas)

Demikianlah teks doa menghadapi ujian nasional yang sangat singkat dan mudah dibaca ini. Amalan dibaca setiap hari, sedangkan khusus untuk Doa Menghadapi Ujian Nasional bisa dibaca setiap akan belajar.

Meskipun doa ini disebut sebagai Doa Menghadapi Ujian Nasional, anda tetap bisa membaca doa ini untuk menghadapi ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), ujian masuk universitas swasta, doa agar lulus tes, doa menghadapi ujian skripsi, atau saat hendak melamar pekerjaan.

Baca juga : Bacaan Dzikir agar Otak Cerdas

Doa Menghadapi Ujian Nasional yang kami bagikan di atas tidak lain hanyalah bentuk dari harapan dan kepasrahan kira kepada Allah SWT. Bagaimanapun kita hanya bisa berdoa dan berikhtiar, dan Allah juga yang menentukan.

Apabila anda berhasil melewati ujian nasional dengan baik nantinya, janganlah berlaku sombong dan takabur. Ingatlah pada semua kerja keras dan pengorbanan yang telah anda dan orang tua lakukan. Dan tak lupa nantinya memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT. Semoga apa yang anda niatkan dan hajadkan dikabulkan oleh Allah SWT. Amin Ya Rabb.

Download Doa Menghadapi Ujian Nasional

Bagi anda yang berminat boleh download atau mengunduh file Doa Menghadapi Ujian Nasional MP3 berikut ini agar bisa dihafalkan dengan mudah.

Daftar produk kami silahkan klik di sini