Skip to main content
Istighfar yang Paling Baik Agar Rezeki Lancar - Istilah istighfar (Arab: إستغفار) atau astaghfirullah (أستغفر الله‎) adalah tindakan meminta maaf atau memohon ampunan kepada Allah yang dilakukan oleh kaum muslim. Mengucapkan istighfar sangat dianjurkan dalam ajaran Islam.

Secara bahasa, arti astaghfirullah al adzim atau yang lazim disebut istighfat ini adalah "Saya memohon ampunan kepada Allah". Adapun untuk lafadz istighfar yang shahih adalah sebagai berikut :

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ

Tulisan istighfar di atas dibaca "Astaghfirullah al-'Adzim". Beberapa ahli spiritual dan ahli hikmah menyarankan untuk membaca istighfar 1000x setiap hari. Padahal manfaat istighfar 1000 kali tidak berdasarkan jumlah hitungannya, tapi keikhlasan dalam mengucapkannya.

Keutamaan Istighfar


Dalam beberapa kitab yang ditulis oleh ulama-ulama terkemuka, disebutkan bahwasanya mengucapkan istighfar dapat melancarkan rezeki. Berikut adalah kumpulan hadits istighfar yang kami kumpulkan dari beberapa sumber.

Dari Syekh Abdul Wahhab As-Sya'roni dalam kitab Al-Minahus Saniyyah mengutip hadis Rasulullah SAW. Berikut kutipannya :

من لزم الاستغفار جعل الله له من كل ضيق مخرجا ومن كل هم فرجا ورزقه من حيث لايحتسب

Rasulullah SAW bersabda, "Siapa saja mengekalkan bacaan istighfar, niscaya Allah jadikan baginya sebuah jalan keluar di tengah kesempitan dan sebuah kelonggaran di tengah kesumpekan; dan Allah kucurkan rezeki kepadanya dari jalan yang ia tidak perhitungkan."

Membaca istighfar memang tidak hanya untuk memohon ampun kepada Allah dan agar rezeki lancar saja. Anda bisa mengucapkan istighfar baik dalam keadaan tidak berdosa ataupun telah melakukan suatu dosa. Dengan membaca istighfar setelah melakukan suatu perbuatan dosa, artinya kita mengharap pengampunan dari azab Allah seperti yang tertuang dalam hadits berikut ini :

وما كان الله معذبهم وهم يستغفرون

"Dan Allah SWT tidak akan mengazab mereka selagi mereka memohon ampunan-Nya."

Jika istighfar dibaca dalam keadaan tidak melakukan dosa, maka diniatkan untuk mencontoh kebiasaan Nabi Muhammad SAW. Semasa hidupnya, Rasulullah selalu beristighfar setidaknya 70 kali dalam sehari.

Memang tidak ada aturan kapan waktu terbaik untuk mengucapkan istighfar, tetapi para ulama menganjurkan untuk membaca istighfar di waktu pagi hari, saat petang, permulaan malam, dan sepertiga malam terakhir.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa bacaan istighfar setelah shalat dan setelah selesai beramal saleh dapat meredam perasaan tinggi hati atau jumawa manakala selesai beramal saleh. Berikut adalah hadits yang diriwayatkan oleh Syaikh Abdul Wahhab As-Sya'roni :

وقد أجمع العارفون على استحباب ختام جميع الأعمال بالاستغفار. وفى الحديث أنه كان صلى الله عليه وسلم يستغفر الله تعالى عقب كل مكتوبة ثلاث مرات. تشريعا لأمته وتنبيها لهم على نقص طاعتهم

"Arifun menyepakati anjuran istighfar usai beramal saleh. Dalam riwayat, para sahabat bercerita bahwa Rasulullah SAW beristighfar 3 kali tiap selepas shalat wajib. Maksudnya, menetapkan syariat istighfar usai beramal bagi umatnya sekaligus mengingatkan akan ketidaksempurnaan ibadah mereka."

Doa Sayyidul Istighfar


Bacaan sayyidul istighfar (pemimpin istighfar) pernah disebutkan dalam hadis dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu anhu, dimana Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya Sayidul Istighfar adalah seseorang hamba mengucapkan doa sayyidul istighfar berikut ini :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Bacaan doa sayyidul istighfar latin :
Allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta khalaqtanii. Wa anaa 'abduka, wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'uudzu bika min syarri maa shana'tu. Abuu'u laka bini'matika 'alayya. Wa abuu'u bidzanbii. Faghfirlii. Fa innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Arti doa sayyidul istighfar :
"Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau."

Dalam suatu riwayat disebutkan bahwa keutamaan sayyidul istighfar, Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga.

Sayidul istighfar memiliki banyak keutamaan. Keindahan dan bobot lafal pengakuan di dalamnya memberikan nilai khusus bagi pembacanya di sisi Allah SWT.

Demikianlah penjelasan kami mengenai Bacaan Istighfar yang Paling Baik Agar Rezeki Lancar. Melihat kekuatan istighfar yang dahsyat, sudah sepatutnya anda sebagai seorang muslim untuk terbiasa dalam mengucapkan istighfar dalam kehidupan sehari-hari. Tidak semata-mata karena telah melakukan perbuatan dosa, tapi juga mengharap ridha dan ampunan dari Allah SWT.

Download Bacaan Istighfar MP3


Apabila anda berminat, berikut kami lampirkan file istighfar MP3 dan sayyidul istighfar MP3 yang bisa anda download secara gratis.

Download Istighfar MP3


Baca Juga Artikel :