Skip to main content
Setiap manusia pasti pernah memiliki masalah, sekecil apapun itu. Untuk menghadapi cobaan harus dengan hati yang sabar dan tawakal. Agar hati tenang menghadapi masalah yang terjadi, kita bisa mengamalkan doa sabar dan tawakal ini.

Banyak orang mencari doa agar hati tenang tidak gelisah maka di internet banyak sekali beredar bacaan dzikir supaya hati tenang. Pada dasarnya, doa sabar dan syukur seperti itu boleh-boleh saja anda terapkan atau diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selama bersumber pada Al Qur'an dan Al Hadits, maka tidak ada yang perlu anda khawatirkan.

Pada tulisan kali ini kami akan membagikan doa sabar dan tawakal untuk anda. Dengan doa ini diharapkan anda dapat memulai hari dengan penuh kesabaran dan tawakkal kepada Allah. Apabila doa ini dibaca sewaktu petang, semoga Allah memberikan anda kesabaran pada apa yang terjadi seharian penuh dan tetap memiliki rasa syukur kepada-Nya.

Bacaan Doa Sabar dan Tawakal

Berikut adalah doa sabar dan tawakal yang bisa anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Doa ini diambil dari beberapa surah-surah dalam Al Qur'an sehingga cocok dijadikan sebagai doa harian anda.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ
اللَّهُمَّرَبَّنَآيَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ يَابَاطِنُ ﻳَﺎ ﺭَﺏَّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦ‎
هُوَ اللّٰهُ الَّذِيْ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِۚ هُوَ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ
لَا تُدْرِكُهُ الْاَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الْاَبْصَارَۚ وَهُوَ اللَّطِيْفُ الْخَبِيْرُ
فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ
لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

Bacaan Doa Sabar dan Tawakal Latin :

bismillahir-rahmaanir-rahiim
Shallallaahu 'alaa muhammad
Allahumma robbana Ya Hayyu Ya Qoyyum Ya Bathiinu Ya Robbal aalamiin
huwallaahullazii laa ilaaha illaa huw, 'aalimul-gaibi wasy-syahaadah, huwar-rahmaanur-rahiim
laa tudrikuhul-absaaru wa huwa yudrikul-absaar, wa huwal-latiiful-khabiir
fa in tawallau fa qul hasbiyallaahu laa ilaaha illaa huw, 'alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul-'arsyil-'aziim
Laa hawla wa laa quwwata illa bil-laah

Arti dan terjemah Doa Sabar dan Tawakal di atas :

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keagungan atas Nabi Muhammad
Wahai Allah, Wahai Tuhanku, Yang Maha hidup, Yang Maha berdiri sendiri, Yang Maha tak kelihatan dzatNya, Wahai Tuhan semesta Alam
Dialah Allah Yang tiada Tuhan yang berhak disembah selain Dia,Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata,Sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui
Jika mereka berpaling (dari keimanan),maka katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku: tidak ada Tuhan selain Dia,Hanya kepadaNya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arasy yang agung".
Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Alloh yang maha Luhur lagi Maha Agung.

Doa sabar dan tawakal di atas bisa dibaca kapan saja anda butuhkan. Akan lebih baik jika dibaca setiap selesai shalat 5 waktu. Bacalah dengan khusyuk dan penuh keikhlasan. Karena Allah-jualah yang memiliki kuasa atas segala yang terjadi. Kita hanya bisa mengharap ridho dan pertolongan Allah semata.

Demikianlah Doa Sabar dan Tawakal yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga dengan doa di atas anda akan diberikan kesabaran dalam menghadapi segala masalah yang dihadapi, tetap tawakkal, dan semoga segera diberikan petunjuk oleh Allah SWT. Amin Ya Rabb.

Baca Juga Artikel :