Skip to main content
Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Doa Sayyidul Istighfar dan Cara Mengamalkannya. Doa Sayyidul Istighfar termasuk ke dalam doa ma'tsurat, yakni doa yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW. Doa ini berisi permohonan ampun kepada Allah yang paling tinggi (sayyid).

Doa Sayyidul Istighfar termasuk doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca saat siang dan malam. Rasulullah SAW bersabda, siapa saja yang membacanya dengan penuh keyakinan kemudian dia mati ketika itu, maka dia langsung masuk surga. Karena itulah Doa Sayyidul Istighfar dan Cara Mengamalkannya harus kita ketahui dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Inilah riwayat tentang doa Sayyidul Istighfar: Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga." (HR. Bukhari (7/150, no. 6306)

Jika kita membaca seksama potongan hadis di atas, kita bisa melihat keajaiban sayyidul istighfar yang sangat luar biasa ini. Semua hal tersebut bisa anda peroleh hanya dengan mengamalkan Doa Sayyidul Istighfar yang sagnat pendek dan mudah dihafal ini.

Baca juga: Istighfar yang Paling Baik agar Rezeki Lancar

Doa Sayyidul Istighfar


Bagaimana bacaan doa Sayyidul Istighfar itu? Berikut adalah teks sayyidul istighfar yang perlu anda ketahui :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ


Bacaan doa Sayyidul Istighfar Latin :

Allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta khalaqtanii. Wa anaa 'abduka, wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'uudzu bika min syarri maa shana'tu. Abuu'u laka bini'matika 'alayya. Wa abuu'u bidzanbii. Faghfirlii. Fa innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Arti doa sayyidul istighfar :

"Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau."

Cara Mengamalkan Sayyidul Istighfar


Bacalah doa istighfar yang dibaca Rasulullah SAW di atas minimal 1x di waktu siang dan malam. Akan lebih baik jika bisa dibaca setiap habis shalat. Karena setiap saat kita juga melakukan dosa-dosa. Maka alangkah baiknya juga jika kita senantiasa beristighfar kepada Allah SWT.

Selain dibaca sebagai doa setiap selesai sholat, anda juga bisa membaca Doa Sayyidul Istighfar sebagai bacaan wirid harian anda dengan jumlah hitungan mulai dari 33x, 99x, hingga 1000x. Ingat, yang terpenting dalam membaca wirid bukanlah hitungannya, tapi keikhlasan anda. Bacalah wirid sesuai kemampuan anda.

Download Doa Sayyidul Istighfar MP3


Demikianlah tulisan pendek kami mengenai Doa Sayyidul Istighfar dan Cara Mengamalkannya. Semoga Allah mengampuni segala dosa kita dan diberikan petunjuk atas semua masalah yang kita hadapi. Amin Ya Rabb.

Anda bisa download doa raja istighfar atau yang juga disebut Sayyidul Istighfar ini dalam bentuk MP3. Apabila anda berminat, silahkan klik tautan di bawah ini :


Baca Juga Artikel :